DASAR PEMIKIRAN
Latar belakang yang menjadi dasar pemikiran Pendidikan Diniyah Takmiliyah Awaliyah Pesantren Cendekia Amanah adalah sebagai berikut:
- Hakikat tujuan pembangunan nasional adalah pembangunan manusia seutuhnya. Artinya program pembangunan di Indonesia tidak hanya mengutamakan fisik atau moral saja, akan tetapi pembangunan fisik dan moral yang satu sama lain saling berkaitan dan saling menunjang.
- Dalam rangka menunjang pembangunan nasional, Pendidikan Diniyah Takmiliyah merupakan salah satu wadah yang tepat bagi umat Islam, terutama bagi anak usia dini untuk memperdalam akidah sekaligus sebagai tempat untuk menimba ilmu serta pembinaan dan peningkatan nilai-nilai relegius yang Islami.
- Dalam era globalisasi yang ditandai dengan kecanggihan teknologi serta informasi, menuntut umat Islam untuk berpartisipasi dan menyesuaikan diri agar tidak ketinggalan, khususnya dalam pendidikan keislaman, maka perlu adanya sarana dan prasarana penunjang, guna memberikan layanan yang nyaman bagi anak didik.
- Pendidikan Diniyah Takmiliyah sebagai sarana membentuk karakter anak didik dan usat pendidikan agama dan keagamaan pada umumnya yang perlu dipertahankan eksistensinya.
TUJUAN
Tujuan yang ingin dicapai dengan adanya Pendidikan Diniyah Takmiliyah Awaliyah Pesantren Cendekia Amanah Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong, Kota Depok adalah sebagai berikut:
- Untuk meningkatkan kualitas keilmuan (Islam) terutama bagi generasi calon penerus perjuangan Islam di masa mendatang.
- Untuk memberikan pelayanan pendidikan, khususnya pendidikan agama dan keagamaan (baca tulis al-Qur’an dan pengembangan pemahaman ilmu keislaman).
- Untuk membentuk generasi Muslim yang beriman, bertakwa dan bermoral serta berintegritas.
MANFAAT
Pendidikan Diniyah Takmiliyah Awaliyah Pesantren Cendekia Amanah diharapkan mampu mewujudkan manfaat yang dapat dinikmati oleh kaum Muslimin, khususnya masyarakat Kelurahan Kalimulya, Cilodong, Depok, Jawa Barat dan sekitarnya, antara lain:
- Tersedianya tempat belajar dan fasilitas yang mapan, sejuk, menarik bagi peserta didik.
- Tersedianya fasilitas pendidikan Islam yang memadai dan menarik bagi peserta didik.
- Tumbuhnya rasa tanggungjawab terhadap kehidupan dan kemakmuran tempat pendidikan keislaman.